Rumah Quran Bina Ukhawah Karawang
Dauroh Tuhfatul Athfal adalah salah satu program Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang yang diprogramkan untuk para guru ngaji dan siapapun yang bersemangat memperdalam ilmu tajwid di daerah Karawang.
dauroh tuhfatul athfal



Islam adalah agama yang berdasarkan kepada dalil baik berupa dalil yang disepakati ataupun dalil yang diperselisihkan di kalangan ulama. Begitu pula halnya dengan ilmu pengetahuan di dalam agama yang paripurna ini, sebagai contoh ilmu aqidah, fiqih akhlak dan disiplin ilmu lainnya juga berdasarkan kepada dalil baik umum maupun khusus.


Dan di dalam perkembangannya masing-masing ilmu pengetahuan ini mengalami ilmu transformasi baik dari aspek pengkajian, metodologi penulisan hingga kebentuk dan aspek penyajiannya. Sebagai contoh ilmu tajwid pada awalnya ia hanya berupa sesuatu yang langsung diaplikasikan oleh Rasulullah dan para Sahabat dalam membaca al-Qur'an dan belum berbentuk sebagai sebuah disiplin ilmu sendiri.


Seperti hari ini, seperti munculnya penamaan berupa macam-macam mad (mad jaiz munfasil, mad wajib muthasil, mad lazim dan lain-lain), hukum nun sukun (izhar, idgham, iqlab, ikhfa) dan lain lain. Tapi kemudian seiring berjalannya waktu, ia mengalami perkembangan sehingga diberi nama-nama tertentu untuk memudahkan para penuntut ilmu mempelajarinya.


Pada awal perkembangannya, ilmu tajwid juga disajikan dalam bentuk-bentuk syair atau matan-matan untuk yang akan dihafal. Dan diantara bentuk matan tajwid tersebut ialah Matan Tuhfatul Atfhal yang dikarang oleh Syeikh Sulaiman al Jamjuri, sebagai matan dasar dalam disiplin ilmu tajwid.




Ikutilah ..

DAUROH
IJAZAH & SANAD
MATAN TUHFATUL ATHFAL

Pembimbing
Ust. Ubaydillah

Syarat Mengikuti
1. Mampu membaca Al-Qur'an dengan lancar & bertajwid
2. Bersemangat mendalami kaidah-kaidah ilmu tajwid, teori, dan praktek
3. Siap menghafal & menyetorkan Matan & Syarah Tuhfatul Athfal

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran : 26 agustus - 15 september 2022
Tes Seleksi : 26 agustus - 15 september 2022

Pengumuman: 16 september 2022

Daftar ulang : 16 september 2022

Mulai belajar: 17 september 2022

Pilihan kelas dauroh tuhfatul athfal

Regular dan Khusus

Biaya regular dauroh tuhfatul athfal

 

Pendaftaran = Rp 100.000

Pendidikan = Rp 300.000

Ujian = Rp 100.000

Modul = free

Biaya khusus dauroh tuhfatul athfal

Pendaftaran = Rp 100.000

Pendidikan = free

Ujian =  free

Modul = free

Kelas khusus syarat dan ketentuan berlaku

Waktu bimbingan dauroh tuhfatul athfal

Setiap hari ahad

Pukul 08.30 -11.30

Kegiatan dauroh tuhfatul atfal

Bimbingan matan dan syarah tuhfatul athfal

Menghafal matan dan syarah tuhfatul athfal

Ujian lisan matan dan syarah tuhfatul athfal

 Fasilitas dauroh tuhfatul atfal

Modul

Serifikat pelatihan

Ijazah sanad (bagi yang lulus)

Ujian susulan (free)

Berpeluang menjadi bagian tim RGBU

Tempat dauroh tuhfatul atfal

RUMAH QURAN BINA UKHUWAH KARAWANG

  •  
  • ALAMAT:

  • Jl. Martanagara No 9 Desa Nagasari Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang

  • Contact Person

    WA  :   087870856601

    telp  :  0267-8453037








    Rumah Quran Bina Ukhuwah adalah tempat belajar membaca alquran dari dasar hingga lancar. 

    Mengetahui dan mengerti cara membaca alquran dengan tajwid yang benar penting bagi umat islam. Tajwid merupakan ilmu yang berisi hukum-hukum dan cara membaca alquran dengan baik dan benar.

    Mulai dari cara mengucapkan huruf hijaiyah dengan benar dan menghetaui hukum hukum sepeti ikhfa,idghom izhar dan lainnya. Tujuan dari mempelajari ilmu tajwid adalah agar umat muslim terhindar dari kesalahan membaca alquran, karena kalaw membaca alquran salah huruf saja bisa mengubah makna alquran.

    Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kipayah sedangkan hukum membaca alquran sesuai dengan kaidah tajwid yaitu fardhu ain. Karena hukumnya wajib bagi umat muslim oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menghetaui macam-macam hukum tajwid.

    Terlebih ilmu tajwid mempunyai rumus hukum-hukum yang perlu dihafalkan. Sebab setiap hukum mempunyai cara pengucapan yang berbeda, seperti ikhfa dibaca samar, idghom dibaca dengung.

    Oleh karena itu rumah bina ukhuwah membuka kelas untuk belajar tajwid dari dasar hingga lancer.








    πŸ€— Kabar Gembira 

    πŸ“’ Kini Telah Dibuka 


    πŸ“– 

    KURSUS BACA QUR'AN UNTUK PELAJAR 


    πŸ’¬ Yuk, wujudkan bacaan Qur'an kita dengan tartil dengan ikut belajar Tahsin di Rumah Qur'an Bina Ukhuwah.


    πŸ‘€ Untuk Pelajar Tingkat SD/SMP/SMA 

    =========================================

    πŸ“ Pendaftaran  : 1 Februari - 4 Maret 2022

    πŸ“š Mulai Belajar : Sabtu, 5 Maret 2022 

    =========================================


    ⏳ Lama belajar

    3 Bulan / Gelombang

    (Februari, Maret, April)


    πŸ‘₯ Jumlah Pertemuan  

    Seminggu 1 x @1,5  jam


    πŸ—“️ Hari Belajar  

    Setiap Sabtu


    ⌚ Waktu Belajar  

    πŸ•“ 10.00 - 11.30


    -----------------------------------------------------------------

    πŸ’°Total Biaya Rp 200.000 

    (Sudah Termasuk Biaya Pendaftaran, Modul & Pendidikan)


    Pembayaran bs via transfer :

    🏦 BSI 6846399020

          a/n Nur Yusup


    Mohon konfrmasi apabila sdh transferπŸ™πŸ»

    -----------------------------------------------------------------


    🏑 Alamat

    Rumah Qur'an Bina Ukhuwah

    Jl. R. Martanagara No.9, RT.01/RW.25, Kel. Nagasari, Kec. Karawang Barat Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41311 | (0267) 8453037



    πŸ“ Untuk Pendaftaran, Klik Di Bawah Ini πŸ‘‡



    πŸ’Œ Silakan Share info ini ke saudara, rekan, & sahabat kita

    Apa yang dipelajari di rumah quran karawang

    Izhar halqi menurut Bahasa adalah jelas, sedangkan secara istilah adalah mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya tanpa memakai dengung, pada huruf yang dizharkan. Izhar dalam pengertian hukum nun dan tanwin adalah apabila nunsukun atau tanwin apabila menghadapi satu dari huruf halqi.

    Enam huruf izhar yang dimaksudkan dalam adalah

    Idghom menurut Bahasa adalah memasukan sesuatu kedalam sesuatu

    Idghom dalam pengertian hukum nun sukun dan tanwin menghadapi salah satu huruf dari huruf dari huruf yang enam

    Idghom dalam hukum nun sukun dan tanwin terbagi kepada dua bagian:

    1 Idghom bilagunnah

    2 Idghom bigunnah

    Masing2 penjelasannya sebagai berikut

    Idghom bigunnah artinya memasukan, bigunnah artinya dengan dengung.

    Dalam pengertian hukum nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf idghom yang empat, maka dinamakan idghom bigunnah

    Keempat huruf idghom yaitu

    Idghom bilagunnah artinya tanpa memakai ghunnah (dengung)

    Idghom dalam pengertian hukum nun sukun dan tanwin adalah apabila dan  nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf yaitu lam dan ro dinamakan dengan idghom bilagunnah.

    Iqlab menurut Bahasa adalah memindahkan sesuatu dari bentuk asalnya (kepada bentuk lain) iqlab dalam pengertian hukum nun bersukun atau tanwin adalah apabila nun bersukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba, maka keduanya ditukar menjadi mim tetapi hanya dalam bentuk suara tidak dalam tulisan.

    Ada 3 cara membaca iqlab diantaranya sebagai berikut

    1.intibaq yaitu menempelkan dua bibir dengan sempurna disertai dengan tekanan

    2 infiraj yaitu dengan tidak menempelkan kedua bibir, maka Ketika membunyikannya akan tampak bagian gigi sedikit

    3.iltimas adalah menempelkan dua bibir dengan sempurna akan tetapi tidak disertai dengan tekanan.

    Tiga cara ini bisa dipakai dengan untuk membaca iqlab, kemudian adakah cara yang lebih utama dari tiga acara diatas?

    Penjelasannya sebagai berikut cara yang tepat dalam membaca iqlab adalah dengan cara yang ketiga yaitu iltimas, dikarenakan dengan cara ini lebih mengena dan tepat, ikhfanya tampak kemudian huruf mim dan ba nya juga tampak. Sedangkan dengan cara yang pertama yaitu intibaq menempelkan kedua bibir dengan sempurna yang akan lebih dominan adalah huruf mim dan ba nya saja akan tetapi ikhfanya tidak tampak. Sedangkan infiraj yang lebih dominan ikhfanya saja sedangkan huruf mim dan ba nya tidak tampak.

    Ikhfa menurut Bahasa adalah samar-samar atau tertutup.

    Ikhfa dalam pengertian hukum nun sukun dan tanwin adalah apabila nun bersukun atau tanwin menghadapi salah satu dari huruf ikhfa yang berjumlah 15 ini maka dinamakan dengan ikhfa haqiqi

    Hurufnya

    Tingkatan ikhfa ketika ditinjau dari gunnahnya ada 3

    A’alaa artinya kuatnya dengung karena dekatnya makhroj huruf dengan nun sukun sebagai asli gunnahnya. Hurufnya ta da tho

    Cara membaca pada tingkatan pertama ini adalah ujung lidah ditempelkan kepada gusi bagian bawah.

    Adnaa yaitu lemahnya dengung karena jauhnya huruf dengan nun sukun sebagai asal gunnah.

    Hurufnya qof dan kap

    Cara membaca pada tingkatan yang kedua yaitu adalah langsung menempelkan pangkal lidah kelangit langit atas bagian dalam.

    Awsath artinya antara kuat dan lemahnya dengung karena tidak terlalu jauh atau dekatnya huruf atau dekatnya huruf dengan nun sukun dengan nun sukun sebagai asal gunnah.

    Hurufnya

    Cara membacanya yaitu ujung lidah tidak menempel kemana-mana atau mengembang saja. Maka bunyi ikhfa-nya akan mengarah kepada huruf setelah nun sukun atau tanwin tersebut.

     


    Dulu baca Qur'an terbata-bata.
    Ga kenal banyak hukum tajwij.
    Gatau cara baca 'TO' dan 'TA' yang bener.

    Apalagi kalo 'TO' dan 'TA' berharakat kasrah, (*dulu) makhrajnya sama aja, cara baca sama, bunyinya sama, padahal beda! Ga cuma huruf 'TO', masih ada huruf lain.

    Pas lulus pratahsin 2, bangga banget bisa baca pake tajwij. Pas lanjut ke tahsin tilawah, kebanggaan itu hancur.
    Ternyata masih jauuuuh dari sempurna cara baca Qur'annya meskipun 'udah bertajwij'.

    Makannya, yg baru lulus pratahsin 2 terus ga lanjut ke kelas selanjutnya segera tobat. 
    Daripada anaknya nanya "PAH, CARA BACA 'TO' DAN 'TA' BERHARAKAT KASROH YANG BENER GIMANA?' terus gabisa jawab. 

    Malu. Sama Allah. 

    Sekarang, lanjut belajar lagi di Bina Ukhuwah Karawang. Masuk kelas lagi. 
    Tapi bukan kelas tahsin. Ada kelas lain. Apa itu? Langsung dateng aja ke Bina Ukhuwah Karawang.

    Yuk, belajar Al-Qur'an bareng-bareng disana. Temenin saya. ~

    M. Nurul Huda


    Belajar Baca Al-Qur'an Di Karawang di Rumah Quran Bina Ukhuwah
    Belajar Ilmu Membaca Al Qur'an Di Karawang

    Belajar Baca Qur'an...??
    Siapa Takut..!!

    Meski usia tidak muda dan bukan anak-anak lagi

    Ikutilah...!!!
    Bimbingan belajar baca Qur'an PRAKTIS

    Bersama: Rumah Qur'an Karawang Bina Ukhuwah

    Dalam Program: BERIMAN (Belajar Ilmu Membaca Al-Qur'an)

    Kelas:
    Pra Tahsin
    Belum Bisa & Belum lancar membaca Al-Qur'an

    Tahsin Tilawah
    Lancar membaca Al-Qur'an tapi belum bertajwid

    Info Pendaftaran
    Pendaftaran 31 Januari - 22 Maret 2019
    Tes 24 Maret 2019
    Mulai Belajar 1 April 2019


    Lama Belajar Jumlah Pertemuan
    3 Bulan/Paket Seminggu 3 x 1,5 Jama

    Hari Belajar  Pilihan Waktu Belajar
    Pra 1 : Senin, Selasa, Rabu  Pagi     : 08:30 - 10:00
    Pra 2 : Senin, Kamis, Jum'at  Sore     : 16:30 - 18:00
    Tahsin : Selasa, Rabu, Kamis  Malam : 19:00 - 20:30


    Biaya Biaya
    Pendaftaran Rp. 150.000,-
    Modul Rp.  50.000,-
    Pendidikan Rp. 500.000,-

    Pendaftaran Bisa Juga ONLINE

    PENDAFTARAN ONLINE
    Klik Tombol Di Bawah Ini
    Atau Bisa Datang
                                  
                                                                                                                     
    Yayasan Dakwah Bina Ukhuwah Karawang
    JL. Martanagara No.9 Karawang



    Ilmu tajwid sangatlah penting dalam liteatur ilmu alquran, oleh sebab itu belajar ngaji di rumah quran karawang bina ukhuwah agar kita bisa membaca alquran dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. ilmu tajwid menuntun kaum muslimin untuk melafalkan ayat-ayat Allah dengan tepat sehingga lafazh dan maknanya tetap terjaga.
    Membaca alquran merupakan salah satu ibadah dan jembatan menuju pemahaman dan pengalaman. kemampuan membaca aksara arab semata, belum cukup bagi seseorang untuk dapat membaca aquran dengan baik sebagaimana diajarkan rasullah saw dibutuhkan ilmu yang menuntunya yaitu ilmu tajwid. oleh karena itu yang ingin belajar membaca alquran dari nol hingga lancar segeralah bergabung di rumah quran karawang bina ukhuwah.

    Pendaftaran Bisa Juga ONLINE

    PENDAFTARAN ONLINE
    Klik Tombol Di Bawah Ini
    Atau Bisa Datang
                                  
                                                                                                                     
    Yayasan Dakwah Bina Ukhuwah Karawang
    JL. Martanagara No.9 Karawang

    Apasih pentingnya membaca alquran dengan belajar tahsin ? tentu ini menjadi pertanyaan bagi kalian yang pemula. Membaca ayat suci alquran merupakan kewajiban bagi setiap muslim oleh karena itu membaca dan mempelajari alquran hukumnya wajib bagi orang muslim.

    Tentunya tidak hanya cukup membacanya saja kitab suci alquran juga harus di pelajari hukum hukum sesuai tajwid. Diwajibkan untuk setiap muslim untuk mempelajari dan mempelajari ajaran-ajaran yang terkandung didalam kita suci alquran dalam mempelajari alquran pun tidak sembarangan. Ada ilmu ilmu yang harus dipelajari yaitu diantaranya tahsin quran. Oleh karena itu bergabung lah dengan rumah quran karawang bina ukhuwah

    Pendaftaran Bisa Juga ONLINE


    PENDAFTARAN ONLINE
    Klik Tombol Di Bawah Ini
    Atau Bisa Datang
                                  
                                                                                                                     
    Yayasan Dakwah Bina Ukhuwah Karawang
    JL. Martanagara No.9 Karawang

    Tahsin quran didalam islam mempunyai makna bahwa didalam membaca kitab suci alquran haruslah tepat dan benar sesuai yang diajarkan oleh baginda rasulullah saw. Dalam bahasa arab tahsin mempunyai arti memprbaiki, memperkaya atau menguatkan. Tahsin juga bisa diartikan sebagai penyempurnaan hal-hal yang berkaitan langsung cara pengucapan makhorijul huruf ( tempat-tempat keluarnya huruf dan juga pengenalan sifat huruf dan hukum-hukum tajwid seperti ikhfa,idghom,izhar, iqlab dll.

    Hukum belajar tahsin dalam belajar ilmu tajwid  sebagai disiplin ilmu dalam mempelajari ilmu alquran adalah hukunya fardu kipayah. Sedangkan membaca alquran secara tartil adalah wajib ain. Oleh karena itu membaca alquran dengun menggunakan tajwid menjadi wajib. didalam membaca alquran bagi siapaun jika tidak menggunakan hukum tajwid maka hukumnya berdosa. 

    Karena Allah telah menurunkan kitab suci alquran beserta tajwid didalamya. Oleh karena itu diwajibkan didalam proses membaca alquran yang baik dan benar untuk mempelajari tajwid demi kesempurnaan membaca alquran. Oleh karena itu bagi yang mau meperdalam dan memahi ilmu tajwid bergabunglah Bersama kami di rumah quran karawang bina ukhuwah untuk ngaji di karawang 

    Pendaftaran Bisa Juga ONLINE


    PENDAFTARAN ONLINE
    Klik Tombol Di Bawah Ini
    Atau Bisa Datang
                                  
                                                                                                                     
    Yayasan Dakwah Bina Ukhuwah Karawang
    JL. Martanagara No.9 Karawang

    Tujuan dari tahsin tilawah ini adalah tujuan utama dari tahsin quran sendiri yaitu menjaga lidah dari kesalahan-kesalahan  dalam membaca alquran. Kesalahan membaca alquran terdiri dari dua macam yaitu al lahnul kofiy dan al lahnul jaliy. Yang pertama yaitu al lahnul jaliy adalah keslahan yang Nampak begitu jelas dikalangan orang ahli tajwid dan kalangan orang awam.

    Diantara kesalahanya antara lain perubahan harakat, perubahan bunyi, memanjangkan huruf yang seharusnya pendek atau sebaliknya. Keslahan yang kedua yaitu ah lahnul kofiy adalah keslahan kecil yang di ketahui. Kecuali orang yang pernah belajar tajwid. Diantara kesalahannya adalah tidak digunakan  atau tidak diterapkan kaidah gunnah di dalam huruf yang semestinya dibaca gunnah.

    Manfaat tahsin adalah merupakan cermin keimanan seseorang umat muslim terhadaf kitab suci alquran. Mencapai derajat yang tinggi didalam membaca alquran dan juga mempelajari alquran sehingga bisa menghindari keslahan didalam membaca ayat suci alquran.


    Belajar Qur'an Di Karawang

    Tajwid secara bahasa berasal dari kata jawwada, yujawwidu, tajwiidan yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus. Dalam pengertian lain menurut lughah, tajwid dapat pula diartikan sebagai "al-ityaanu biljayyidi" "segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan". Maka dari itu,Tajwid juga disebut juga dengan "Tahsin" yang artinya "Membaguskan", yaitu membaguskan bacaan al-Quran.
    Sedangkan pengertian Tajwid menurut istilah adalah :

    "Ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul harf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul harf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah tarqiq, tafkhim dan yang semisalnya"

    Tujuan mempelajari Ilmu Tajwid atau Tahsin adalah agar dapat membaca ayat-ayat al-Quran secara betul (fasih) sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi saw..Dengan kata lain, agar dapat memelihara lisan dari kesalahan-kesalahan ketika membaca kitab Allah Ta'ala.

    Hukum mempelajari ilmu Tajwid atau Tahsin sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah atau merupakan kewajiban kolektif. Ini artinya, mempelajari ilmu Tahsin secara mendalam tidak diharuskan bagi setiap orang, tetapi cukup diwakili oleh beberapa orang saja. Namun, jika dalam suatu kaum tidak ada seorangpun yang mempelajari ilmu Tahsin, berdosalah kaum itu..

    Adapun hukum membaca al-Quran dengan memakai aturan-aturan Tajwid(Tahsin) adalah fardhu 'ain atau merupakan kewajiban pribadi. Membaca al-Quran sebagai sebuah ibadah haruslah dilaksanakan sesuai ketentuan. Ketentuan itulah yang terangkum dalam ilmu Tahsin al-Quran. Dengan demikian, dengan memakai ilmu Tahsin dalam membaca al-Quran hukumnya wajib bagi setiap orang, tidak bisa diwakili oleh orang lain. Apabila seseorang membaca al-Quran dengan tidak memakai ilmu Tahsin, hukumnya berdosa.

    Dalam kitab Hidaayatul Mustafid fii Ahkaamit Tajwid dijelaskan:
    "Tidak ada perbedaan pendapat bahwasanya (mempelajari) ilmu Tajwid hukumnya fardhu kifayah, sementara mengamalkannya (tatkala membaca al-Quran) hukumnya fardhu 'ain bagi setiap Muslim dan Muslimah yang telah mukallaf".

    Syeikh Ibnul Jazari dalam syairnya mengatakan:
    "Membaca al-Quran dengan Tajwid , hukumnya wajib. Siapa saja yang membaca al-Quran tanpa memakai Tajwid, hukumnya dosa. Karena sesungguhnya Allah menurunkan al-Quran berikut Tajwidnya. Demikianlah yang sampai kepada kita dari-Nya"

    Para Ulama Qiraat telah sepakat bahwa membaca al-Quran tanpa Tajwid merupakan suatu "lahn" atau "kesalahan"

    FB #Belajar Tahsin al-Quran
    #Belajar Qur'an Di Karawang