Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang Tempat Belajar Ngaji Bertajwid

Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang Tempat Belajar Ngaji Bertajwid

Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang adalah lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan belajar membaca al-Qur'an untuk anak usia SD, SMP, SMA, mahasiswa dan dewasa yang ingin belajar membaca al-Qur'an dari nol hingga lancar sesuai tajwid. Rumah Qur'an Bina Ukhuwah Karawang yang berlokasi di Jalan Martanagara, No. 9, Desa Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Rumah Qur'an Bina Ukhuwah Karawang berfokus pada pembelajaran dan pembenaran kaidah tajwid dari nol hingga lancar. Jenjang pendidikannya tidak terbatas dari anak-anak hingga dewasa mulai dari anak SD, mahasiswa, hingga pekerja. Rumah Qur'an Bina Ukhuwah Karawang untuk tahapan pertama mengikuti kelas dasar 1 yaitu belum kenal huruf hijaiyah, masih terbata-bata dalam membaca huruf hijaiyah, suka tertukar membaca huruf hijaiyah. Kelas dasar 2 yaitu sudah bisa membaca huruf hijaiyah dengan benar, tetapi belum konsisten bacaan panjang dan gunahnya. 

                  Rumah quran bina ukhuwah karawang berfokus pada pembelajaran dan pembenaran kaidah tajwid dari nol hingga lancar. Jenjang pendidikannya tidak terbatas dari anak-anak hingga dewasa mulai dari anak sd hingga mahasiswa adaupun juga yang bekerja.

                   Rumah quran bina ukhuwah karawang untuk tahapan pertama mengikuti kelas dasar 1 yaitu belum kenal huruf hijaiyah, masih terbata- bata, membaca huruf hijaiyah, suka tertukar membaca huruf hijaiyah, kelas dasar 2 yaitu sudah bisa membaca huruf hijaiyah  dengan benar, tetapi belum konsisten, bacaan panjang, belum konsisten dan mengenal hukum-hukum tajwid hingga kelas tahsin tilawah yaitu lancar membaca alquran dengan kaidah tajwid.

 

INFO PENDAFTARAN

Contact Person WA  : 087870856601


Tujuan Belajar Tajwid di Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang

         Tujuan mempelajari ilmu tajwid yang didalamnya terdapat hukum-hukum seperti izhar, ikhfa  dan mad adalah supaya terhindar dari kesalahan-kesalahan Ketika membaca alquran. Apabila salah membaca maka maknanya pun akan berubah.

         Mempelajari ilmu tajwid berbeda dari Bahasa arab pada umumnya, dalam panduan membaca alquran melahirkan ilmu tersendiri yakni ilmu tajwid.Orang yang membaca tanpa kaidah-kidah tajwid yang benar dianggap berdosa karena Allah swt menurunkan alquran dengan tajwid.Derajat orang yang belajar alquran akan ditinggikan allah swt baik didunia maupun di akhirat.

             Menurut para ulama bahwa hukum belajar tajwid adalah fardu kipayah. Dalam hal ini kewajiban fardu kipayah jatuh atas suatu daerah, jika salah seorang dari daerah itu sudah belajar tajwid, maka kewajibannya telah gugur. Tetapi jika satu daerah tidak ada satupun yang belajar tajwid maka semuanya akan berdosa. Lalu orang yang sudah belajar tajwid maka hukumnya fardu ain untuk mengamalakan apa yang dipelajarinya.

             Bagi seorang muslim mempelajari ilmu tajwid merupakan keutamaan sendiri. Sebagian ulama menyatakan bahwa ilmu tajwid merupakan semulia-mulianya ilmu karena berasal langsung dari allah swt. Tujuan belajar tajwid di rumah quran bina ukhuwah karawang diantaranya:

1.Tujuan mempelajari ilmu tajwid adalah agar dapat membaca alquran dengan baik dan benar sesuai yang di contohkan oleh baginda rasullah saw.

2.Memilhara lisan agar tidak keliru dalam membaca alquran.

3.Mengharap rida Allah dan mengharap ganjaran pahala yang besar

4.Menjaga kemurnian al-quran, meskipun dibaca oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia dengan berbagai Bahasa namun tetap sama sesuai yang di contohkan oleh baginda rasullah saw.


Keunggulan Program Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang

1 Modul Praktis

          Modul yang digunakan rumah quran karawang bina ukhuwah adalah modul aisar yaitu modul  praktis yang disusun dengan banyak contoh latihan bacaan yang dapat mempercepat proses bisa membaca Alquran.

2. Metode Talaqqi

         Metode rumah quran karawang  menggunakan metode talaqqi yaitu Guru mencontohkan bacaan yang benar dan diikuti seluruh peserta agar lebih terbimbing. Hal ini bertujuan untuk menanamkan bacaan dan melafazkan bacaan dengan benar di pikiran setiap peserta didik. Lalu pengajar pun akan lebih selektif menentukan apakah peserta telah menguasai dan berhak melanjutkan ke tahapan yang selanjutnya.

 3.Tidak Menghafal Teori

         Rumah quran bina ukhuwah karawang tidak memberikan teori tajwid. Teori tajwid hanya diberikan saat bacaan Alquran peserta sudah bagus.yaitu program dauroh tahsin

 Manfaat dan Keutamaan Belajar Tahsin Al Quran di Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang

           Hadis baginda rasulullah saw “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an adalah seperti bunga utrujjah, baunya harum dan rasanya lezat. Sebaliknya orang mukmin yang tidak suka membaca Al-Qur’an adalah seperti buah korma, baunya tak begitu harum, tetapi manis rasanya. Sedangkan orang munafik yang membaca Al-Qur’an ibarat sekuntum bunga, berbau harum tapi pahit rasanya dan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an tak ubahnya laksana buah hanzalah, tidak berbau dan rasanya pahit sekali.” (HR Bukhari dan Muslim)

             Setiap mukmin yakin bahwa membaca alquran saja sudah termasuk amal yang sangat mulia dan akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda karena yang dibaca adalah kita suci Allah swt. Bagi orang mukmin alquran adalah bacan sebaikbaik bacaan.baik dalam susah maupun senang, baik dalam keadaan gembira maupun bersedih. Alquran juga akan menjadi obat dan penawar bagi orang yang gelisah jiwanya.

         Seseorang meminta nasihat kepada sahabat baginda rasullah saw yang bernama ibnu mas’ud Ia berkata: “wahai ibnu mas’ud berilah nasihat yang bisa kujadikan obat bagi jiwa yang gelisah. Dalam beberapa hari ini merasa tidak tenang, jiwaku gelisah makanpun tidak enak dan tidurpun sulit.

              Maka ibnu mas’ud menasehatinya ia berkata : kalau penyakit itu meminpamu maka bawa hatimu ketiga tempat. Yang pertama bawalah hatimu ketempat yang membaca alquran engkau dengar orang yang membacanya atau engkau sendiri ikut membacanya. Yang kedua engkau pergi ketempat majelis pengajian yang mengingatkan hati kepada allah. Yang ketiga cari waktu dan tempat yang sunyi lalu bersholawat dan mengaji

INFO PENDAFTARAN

 Contact Person WA  : 087870856601

Alamat Rumah Quran Bina Ukhuwah Karawang

🏠 Jl. R. Martanagara, No. 9 Karawang (Belakang Kantor Imigrasi) RT.01/RW.25, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Karawang, Jawa Barat 41311

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Disini...